7.11.10

OBAT KUTU ( PINJAL ) ANJING

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membasmi kutu atau orang suka menyebutnya pinjal untuk si guguk
  1. Shampoo & Larutan Pencelup: Efek anti Pinjal shampoo tidak mencapai seminggu. Sisa bahan kimia yang menempel di tubuh guguk anda tidak akan berbahaya bila menuruti dosis yang dianjurkan. Larutan anti Pinjal mempunyai campuran kimia yang jauh lebih kuat dari shampoo. Tanpa petunjuk Dokter sebaiknya JANGAN dipakai. Baik Shampoo maupun larutan untuk merendam guguk anda hanya efektif membasmi kutu dewasa, bukan telur dan kepompongnya.
  2. Kalung Anti Pinjal: Cara kerja kalung anti Pinjal ini ada dua: Pertama, dengan mengeluarkan gas beracun yang mampu membunuh Pinjal. Cara kedua adalah bahan kimianya meresap ke lapisan lemak kulit. Gas beracun hanya mampu membunuh kutu yang ada di daerah leher dan punggung sehingga kurang efektif dibandingkan yang mampu meresap ke seluruh lapisan lemak kulit. Efektif membasmi kutu dewasa saja. kalung ini dpt dibeli di toko2 hewan atau di supermarket2 besar, saya pernah liat, kalo gak salah bisa dipakai untuk 5-6 bulan.
  3. Bedak dan Semprotan Anti Pinjal: Kedua produk ini melindungi anjing anda dari Pinjal selama 2-3 hari. Di beberapa produk, bahkan mampu melindungi anjing dari serangan kutu lain seperti Caplak. Efektif membasmi kutu dewasa saja
  4. Pengobatan di area tertentu: Biasanya menggunakan produk dari merek-merek seperti: Advantage, Frontline®, dan Bio-Spot®. Gunakan cukup di bagian pundak anjing dan mampu membuat anjing anda bebas Pinjal selama 1 bulan! Efektif membasmi kutu dewasa..
  5. Obat Minum: Pill anti Pinjal seperti; Program® and Sentinel®, mencegah larva keluar dari telur. Bila seekor kutu betina menghisap darah anjing yang telah minum obat ini, maka telur-telur yang dihasilkan tidak akan bisa menetas. Obat ini tidak memberantas kutu dewasa. Pengobatan ini bagus untuk memutuskan mata rantai siklus hidup kutu di lingkungan rumah anda.
  6. Untuk mencegah Pinjal berkembang-biak dirumah (karena kutu anjing ini tidak menempel ke badan/bulu anjing), maka sanitasi rumah perlu diperhatikan. Populasi kutu yang hinggap di badan anjing mas hanya sekitar 10% dari total populasi Kutu di rumah mas. Telur, larva, kepompong dan sebagian kutu dewasa lainnya bertahan di karpet, seprai, tempat anjing anda biasa tidur dan pojok-pojok ruangan yang gelap, hangat dan lembab. Membiarkan 90% populasi tersebut, tidak akan bisa memberantas Kutu secara menyeluruh dari anjing anda. Sapu dan pel lantai tiap hari, ganti seprai dan kain-kain lain secara teratur. Semprot pestisida (baygon) ke pojok-pojok ruangan.
Jika ingin menggunakan obat tradisional, anda dapat menggunakan rebusan daun sereh untuk dimandikan ke anjing. Penanaman daun sereh dipekarangan rumah juga membantu mencegah kutu bersarang di rumah anda. 
Good Luck...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk semua teman teman pecinta anjing yang selama ini membantu saya dalam pemeliharaan anjing. Baik mengenai kesehatan dan penyakit anjing sehingga saya yang mulanya tidak mengerti sekarang telah tahu seluk beluk anjing.