23.8.15

PARACETAMOL, SAFE????

Paracetamol (nama generik: acetaminophen) adalah golongan obat analgesik non opioid yang dijual secara bebas. Obat ini sangat bahaya jika diberikan pada kucing dan dapat menyebabkan keracunan atau memperburuk keadaan bahkan hingga kematian.

kenapa???

Kucing dan anjing memiliki jumlah enzim glukuronil transferase yang sedikit. Enzim ini berperan menempelkan molekul glukuronid pada molekul obat dan membuatnya tidak aktif (dimana pemecahan dilakukan di hepar) sehingga dieskresikan melalui ginjal berupa urin. Toksisitas dapat terjadi karena kemampuan terbatas untuk memetabolisme acetaminophen.

Oleh karena itu obat-obatan yang menggunakan enzim tersebut, tidak dapat di buang dengan sempurna melalui ginjal. Selanjutnya akan terakumulasi dalam aliran darah dan menyebabkan kerusakan parah pada organ yang lainnya.



Pemberian dosis berlebihan pada anjing (150 mg/kg BB) dapat menyebabkan kerusakan dan kematian sel-sel hati, sedangkan pada kucing (dosis 50 mg/kg BB) dapat menyebabkan gangguan metabolisme haemoglobin (methemoglobinemia).



Methaemoglobin merupakan haemoglobin yang tidak dapat mengikat oksigen. Akibatnya haemoglobin tidak mampu mengikat oksigen untuk di alirkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh kekurangan oksigen, jantung berdetak dengan cepat, hypernue, dan mukosa konjungtiva berwarna coklat tua.



Pengobatan Pertama Jika Kucing Anjing Mengkonsumsi Paracetamol:

* Pemberian oksigen bantuan,
* Infus RL atau DLR5,
* Terapi obat (asetilsistein dan vitamin C), serta asam amino cysteine agar hepar dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.



*Semoga bermanfaat.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk semua teman teman pecinta anjing yang selama ini membantu saya dalam pemeliharaan anjing. Baik mengenai kesehatan dan penyakit anjing sehingga saya yang mulanya tidak mengerti sekarang telah tahu seluk beluk anjing.